Belanja

Pameran S. Teddy D.

Jalan Gambar

02 - 30 Juni 2013,
11:00 - 20:00
Galeri Salihara

S. Teddy Darmawan adalah seniman rupa yang tak pernah puas dengan media tunggal konvensional. Karya-karyanya, seraya bolak-balik antara dwimatra dan trimatra, dekat dengan bentuk-bentuk populer yang sarat dengan humor dan sarkasme halus.

Dalam pameran kali ini Teddy akan menampilkan karya-karya gambar di atas kertas dengan tinta cina. Secara tematik ia menemukan kembali, mengolah lebih lanjut motif-motif yang pernah dikerjakannya dalam karya-karya terdahulu, seperti mengumpulkan ingatannya sendiri. Ia menggambar di atas kertas mahapanjang yang akan dipajangnya sepanjang dinding oval Galeri Salihara. Di samping itu, akan terpajang 10 meja: di atas masing-masingnya kita bisa melihat gulungan gambar. Semua itu disebutnya “gambar beber” (seperti juga wayang beber). Collecting Memories adalah upaya Teddy menimbang kembali proses keseniannya sendiri.

Teddy adalah perupa keluaran ISI Yogyakarta. Pada 2000 ia menjadi seniman mukiman di Ludwig Art Forum, Aachen, Jerman. Terakhir ia memamerkan karyanyaBeyond the Self di The National Portrait Gallery, Canberra, Australia (2011). Sementara instalasi besarnya berjudul “The Temple (Love Tank)” di Singapore Art Museum (2010) menandai masuknya Teddy di dalam khazanah instalasi ukuran monumental.