Belanja

  • Kelas

    Pasca-Marxisme dan Amerika Latin

    Kelas Filsafat

    Jumat, 21 Juli 2017, 19:00 WIB

    Teater Utan Kayu

Adakah tantangan jitu terhadap kapitalisme liberal? Amerika Latin adalah salah satu wilayah tempat pemikiran kiri dipergulatkan dengan gelora dan darah. Sekalipun dalam gempuran rezim militer antikomunis dukungan Amerika Serikat, dari sana lahir pemikiran kritis seperti Teologi Pembebasan dan Teori Ketergantungan yang pernah sangat bergema di dunia—juga di Indonesia pada era 1970-an dan 1980-an. Setelah Perang Dingin usai, kita semakin membutuhkan kritik terhadap kapitalisme liberal dan, karenanya, semakin perlu mempelajari keberhasilan dan kegagalan pemikiran kiri dan praksisnya.

Kelas Filsafat “Philosophy Underground” membahas beberapa pokok perkembangan pemikiran politik “pasca-Marxisme” dari Jerman (Mahzab Frankfurt) hingga Amerika Latin. Diadakan dalam rangka Festival Sastra dan Gagasan (LIFEs, Literature and Ideas Festival) Salihara, bekerja sama dengan Teater Utan Kayu.

Jadwal & Tema

07 Juli 2017

Teologi Politik: J. B. Metz & Juergen Moltmann, Pembicara: Trisno S. Sutanto

21 Juli 2017

Teologi Pembebasan, Pembicara: A. Sunarko

11 Agustus 2017

Marx dan Mazhab Frankfurt, Pembicara: Franz Magnis-Suseno

25 Agustus 2017

Politik Pembebasan: Guttierez & Enriqué Dussel, Pembicara A. Setyo Wibowo

Tempat

Teater Utan Kayu, Jl. Utan Kayu 68H, Jakarta Timur

Gratis
Pendaftaran ke: kontak.teaterutankayu@gmail.com

TENTANG
LIFEs 2017
Komunitas Salihara mempersembahkan festival sastra dan gagasan: LIFEs—nama dan bentuk baru bagi Bienal Sastra Salihara. Judul kami tahun ini adalah Viva! Reborn!, dengan fokus utama “Membaca Amerika Latin”.
Selanjutnya
EDISI